Pages

Selamat Bernostalgia Masa Kecil Guys!!!

Senin, 16 Maret 2015

Jajanan tradisional masa kecil

7 Jajanan Tradisional Terfavorit Di Masa Kecil!

Yuk, Nostalgia 7 Jajanan Tradisional Terfavorit Di Masa Kecil!

Berbicara soal jajanan masa kecil, pastinya ada beragam jajanan yang menjadi favoritmu saat masih duduk di bangku SD atau SMP. Tak hanya jajanan kemasan saat kecil banyak sekali jajanan tradisional yang lezat dijual. Dibandingkan jajanan kemasan, kue-kue atau es yang dijajakan dipinggiran memang sangat menggoda dan tak kalah banyak penggemarnya. Sebagian makanan tersebut masih banyak dijual dan sebagian sudah sulit ditemukan.
Kangen dengan jajanan tradisional favoritmu saat masa kecil? Yuk nostalgia jajanan tradisional yang banyak digemari di masa kecil dulu :)


1. Kue Cubit
 

Yap, inilah satu kue tradisional yang cukup populer sebagai jajanan khas masa kecil yang tak terlupakan. Bahkan sampai saat ini kue cubit masih banyak digemari dan dicari. Bagi kamu yang masih duduk di bangku SD atau SMP tahun 90an pasti masih ingat bentuk-bentuk lucu kue ini.
Kue berbahan tepung dan telur ini masak dalam cetakan berbentuk ikan atau bunga lucu, atau dibuat dengan bentuk sarang laba-laba dan ditaburi meces diatasnya. Nyaammm! Banyak juga yang senang sajian kue setengah matang yang masih berbentuk cair diatasnya untuk dimakan. Kini kue cubit memang sulit untuk ditemui. Rata-rata pedagang pinggiran yang menjual kue cubit membanderol harga Rp 3000- Rp 5000 untuk satu paket kue ini.

2. Cilok
 

Cilok, makanan tradisional khas bandung ini juga khas dengan jajanan tradisional masa kecil. Cilok atau aci dicolok ini pasti tak akan bisa dilupakan kenyalnya kudapan yang terbuat dari tepung aci atau sagu. Biasanya memang paling enak menikmati cilok yang masih panas dengan saus sambal, kecap dan juga bumbu kacang.
Selain cilok, jajanan tradisional yang juga membuat rindu akan masa kecil adalah cimol. Bedanya dengan cilok, cimol biasanya dibuat dengan cara digoreng dan disajikan dengan bumbu manis dan pedas.



3. Gulali
 

Permen tradisional manis ini juga salah satu jajanan tradisional khas masa kecil terpopuler dan disukai hampir semua anak-anak. Kudapan manis ini terbuat dari gula yang dijadikan karamel dan diberi pewarna agar lebih menarik. Karamel gula yang biasanya berwarna hijau atau merah ini kemudian akan dibentuk penjual dalam berbagai bentuk seperti ayam, bunga, atau bentuk lucu lainnya. Nah, kalau saat masih kecil dulu apa bentuk favoritmu?



4. Kue Pancong
 

Wah, siapa tak kangen kudapan tradisional satu ini. Yap, biarpun kini sudah jarang sekali ditemui penjual kue pancong, tapi kue khas yang terbuat dari tepung beras dan kelapa ini bisa kamu temui di pasar-pasar yang menjual kudapan tradisional. Kue berbentuk setengah lingkaran ini paling enak dinikmati saat masih panas dengan taburan gula. Kue inipun biasanya dijual dengan harga Rp 5000 - Rp 7000 untuk satu loyangnya.



5. Rambut Nenek
 

Bagi kamu penggemar kudapan masih, pastinya juga menjadi penggemar jajanan tradisional ini. Yap rambut nenek, memang selalu lekat dengan jajanan favorite masa kecil. Warna putihnya serat-serat manis ini layaknya rambut orang tua, yang dinikmati dengan kerupuk tipis lezat.
Menikmati tumpukan gumpalan rambut nenek yang diapit dengan kerupuk khas berbagai warna adalah salah satu kegemaran yang tak terlupakan saat masih kanak-kanak ya Dreamers. Rambut nenek sendiri ternyata terbuat dari tepung dan gula cair yang dibuat dengan cara ditarik-tarik hingga menghasilkan bentuk rambut yang tipis.



6. Es Goyang
 

Siapa tak ingat jajanan es satu ini. Biarpun kini sangat sulit untuk menjumpai penjual es satu ini namun es goyang tetap jadi es tradisional terfavorit saat masa kecil. Uniknya pembuatan es ini dengan cara menggoyangkan gerobak dan rasa manisnya membuat es ini banyak digemari.
Rasa andalan es goyang sendiri adalah strawberry, coklat dan vanilla. Paling enak makan es goyang yang dicelupkan kedalam coklat cair yang kemudian menjadi buku dan melapisi bagian atas coklat.



7. Kue Apek
 

Tak hanya menjadi jajanan tradisional favorit masa kecil, kue satu ini juga digemari oleh kalangan dewasa sebagai kudapan ringan. Kue yang terbuat dari tepung beras dan mempunyai bentuk unik seperti alat musik tradisional kenong ini memang lezat. Kue yang berwarna hijau ini masih banyak ditemui di penjual kue-kue tradisional pinggir jalan. Biasanya 10 buah kue ini dihargai Rp 5000 - Rp 7000.
Itulah nostalgia beberapa jajanan tradisional yang populer dan banyak di gemari di masa kecil dulu. Kalau kamu saat kecil dulu yang mana jajanan tradisional favoritmu Dreamers? (mya)





1 komentar:

 
small rss seocips Music MP3
Boom !!!
Psy - Gangnam Style